5 Langkah Sukses Bisnis E-Commerce Untuk Meraup Banyak Pelanggan

E-commerce adalah salah satu bentuk bisnis yang memiliki peluang keuntungan yang cukup tinggi. Kemajuan teknologi menjadikan banyak perusahaan yang awalnya bergerak dengan sistem offline mulai merambah dan menerapkan bisnis e-commerce. Secara garis besar, pemahaman dari bisnis e-commerce adalah bisnis yang dilakukan dengan media elektronik atau internet. Bagi anda yang juga ingin mencoba bisnis yang satu ini, tentu ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar peluang bisnis anda dalam meraup banyak keuntungan bisa lebih besar. Inilah 5 langkah sukses bisnis e-commerce yang bisa coba anda terapkan.

1. Susun Konsep
Dalam 5 langkah sukses bisnis e-commerce, langkah pertama adalah dengan menyusun konsep atau strategi dalam berdagang. Setidaknya anda harus menjadikan konsumen lebih mudah mendapatkan produk anda. Adapun alternatif yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan berbagai media sosial ataupun aplikasi online lain yang memiliki banyak pengguna sehingga konsumen yang menjadi target dari produk anda bisa lebih banyak. Saat ini, pengguna media online sudah mencapai jutaan orang sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika pemanfaatan media sosial tersebut akan menjadikan anda lebih memiliki peluang dalam mendapatkan keuntungan.

2. Fokus pada end-customer.
Yang dimaksud end-costomer adalah mereka yang akan menikmati produk dan menjadi target penjualan produk anda tersebut. Membidik konsumen secara langsung mungkin akan menjadikan produk anda menjadi produk yang dipercaya. Saat ini memang banyak para distributor yang menyediakan jasa untuk mempromosikan produk anda. Namun memilih distributor yang terpercaya bukanlah hal yang mudah. Dalam 5 langkah sukses bisnis e-commerce, jika anda salah dalam memilih sebuah distributor produk anda, maka bukan hal yang aneh jika terjadi ketidakpuasan customer terhadap produk anda karena kelalaian distributor.

3. Melakukan pendesainan ulang atau perbaruan terhadap produk yang anda miliki.
Langkah ini dilakukan bila ternyata terjadi sesuatu hal yang tak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh customer. Anda tentu harus melakukan pendesainan ulang terhadap produk anda baik berupa cara pengiklanan ataupun pembaruan-pembaruan yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan.

4. Memanfaatkan media iklan dunia maya
Untuk langkah keempat dalam 5 langkah sukses bisnis e-commerce adalah melebarkan sayap dengan memanfaatkan media iklan yang tersebar di dunia maya. Penampilan iklan yang menarik akan membuat pelanggan dari produk bisnis anda semakin banyak. Meskipun demikian, dalam langkah berbisnis e-commerce anda juga harus mempertimbankan profit yang mungkin anda dapatkan jika memanfaatkan media pengiklanan. Seperti yang kita tahu bahwa untuk memasang iklan anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Oleh karena itu, perhitungkan dengan benar apakah profit yang akan anda dapatkan tetap sebanyak profit jika anda melakukannya secara individu melalui pengiklanan dunia maya.

5. Buat agar konsumen loyal
Untuk 5 langkah sukses bisnis e-commerce yang terakhir adalah dengan membuat agar konsumen tetap loyal terhadap produk yang anda keluarkan. Prinsip utamanya adalah bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya. Jika seorang konsumen produk puas dengan pelayanan serta produk anda, maka tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan mempromosikan produk anda secara tidak langsung pada rekan-rekan mereka. Dengan begitu, produk anda akan semakin dikenal luas di masyarakat.

Itulah 5 langkah sukses bisnis e-commerce yang harus anda ketahui. Dengan adanya bisnis e-commerce, segala pemasaran produk baik berupa barang ataupun jasa bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.


Ads

No comments:


Top